Rabu, 17 April 2013

Pengorbanan

Cinta.. 
Mereka bilang Cinta Butuh pengorbanan.. 
Ya.. 
Seperti nya aku tlah mengorban kan cinta itu demi sahabat ku.. 
Dia Sahabat Ku sekaligus orang yang ku cintai.. 
Hanya saja dia tak tau dan tetap menganggap ku sahabat nya.. 
Vira.. 
Ya..itu lah Nama Ku.. 
Dan Bisma.. 
Bisma adalah sahabat Ku dan juga orang yang ku cintai.. 
Tetapi sheril..?siapa dia..?dia adalah seorang gadis cantik yang hanya memain kan perasaan sahabat ku yang terlanjur tergila2 pada nya.. 
Tanpa dia tahu keadaan sahabat ku sebenar nya.. 
Dia hanya jurang pemisah antara aku dan bisma.. 
Bisma selalu tak mempedulikan aku setiap ada sheril.. 

*** 
pagi itu.. 
Ku lihat Bisma pagi2 sekali sudah berangkat kekampus dengan Cuaca yang cukup mendung.. 
Seperti nya akan turun Hujan.. 
Aku berusaha mengikuti nya karena sungguh aku sangat heran..!! 
"tumben si bisma bangun cepat..!!biasa nya juga tunggu gue bangunin..!!"gumam ku yang kini mencoba mengikuti bisma.. 

Tapi.. 
Kenapa bisma berhenti di rumah sheril..? 
"oh ternyata mau jemput si sheril..?bisma..bisma..!!giliran mau pergi bareng sheril aja,lupa deh sama gue..!!"keluh ku 


terlihat sheril keluar dari rumah nya dan menghampiri bisma.. 
"hai bis..!!yuk berangkat sekarang..!!"ajak sheril 
"yuk..!!pegangan yang kuat ya..!!"suruh bisma pada sheril yang kini telah duduk di motor Ninja milik bisma.. 

Aku P.O.V 

aku terus mengikuti bisma dari belakang.. 
Ntah apa yang membuat perasaan ku tak enak saat ini.. 

Ternyata dugaan ku benar.. 
Motor bisma mogok.. 

*** 
sheril pun turun dari motor bisma.. 
"gimana sih bis..?kok mogok..!!"keluh sheril yang kelihatan kesal 
"maaf sher..!!gue juga nggak tau kok bisa mogok ya..?"bisma kebingungan 
"trus gue gimana dong..?ini kan mau hujan bis..?"gerutu sheril 
"iya sher gue tau..!!tunggu sebentar ya..?"ujar bisma yang kini sedang mengotak atik motor nya.. 

Tin..tin.. 

Sebuah mobil sport putih berhenti di dekat sheril.. 
"Ilham..?"ucap sheril ketika melihat ilham membuka kaca mobil nya.. 
"bareng gue aja yuk sher..!!ngapain juga loe tungguin motor itu sampe bener..!!bisa telat loe..!!"ketus ilham seraya melirik sinis kearah bisma 
"iya deh..!!lagian mau hujan juga nih..!!ntar gue basah lagi..!!"ucap sheril cuek, 

sheril pun masuk kedalam mobil ilham tanpa pamit sama bisma.. 

Bisma terlihat kesal.. 
"kasihan bisma..!!"rintih ku dari kejauhan.. 
Tanpa berfikir panjang aku pun menghampiri bisma.. 

Rintik hujan mulai berjatuhan sedikit demi sedikit.. 

"astaga..!!"ucap ku kaget saat melihat darah segar keluar dari hidung bisma.. 
Seperti nya penyakit bisma kambuh lagi.. 
Memang kanker hati yang di derita nya menurut dokter semakin parah.. 
Secepat nya aku turun dari motor matic ku lalu mendekap tubuh bisma yang hendak terjatuh.. 
Kini bisma berada di pangkuan ku.. 
"bis.. 
Loe tahan ya..!!gue cari bantuan dulu..!!"ucap ku yang kini membiar kan bisma tergeletak di aspal .. 
Aku pun kesana sini mencari taxi atau apalah yang bisa membawa bisma kerumah sakit.. 
Tubuh ku pun basah kuyup karena guyuran hujan yang cukup deras.. 
Begitu juga bisma.. 
Akhir nya aku mendapat kan sebuah taxi yang siap mengahantar kan aku dan bisma kerumah sakit.. 

*** 
sesampai di rumah sakit.. 
Kini bisma sedang di tangani dokter yang biasa merawat nya.. 

Ceklek.. 

Kini dokter telah keluar dari kamar rawat bisma.. 
Tanpa basa basi aku langsung menanyakan keadaan bisma,dengan keadaan ku yang masih basah kuyup.. 
"gimana keadaan bisma dok..??"tanya ku 
"keadaan bisma makin parah..!!kanker nya kini mulai menyebar kemana2..!!dia harus secepat nya mendapat donor,,!!"ucap dokter yang kini langsung meninggal kan ku.. 

Perlahan aku masuk kekamar rawat bisma.. 
Ku lihat sosok bisma yang kini terbaring di atas ranjang.. 
Wajah nya pucat.. 
Aku pun duduk di samping ranjang nya.. 
"bisma..!!cepat sembuh ya..!!gue kangen bercanda bareng loe lagi..!!gue kangen loe jailin lagi bis..!!gue janji..!!kalau loe sembuh,loe boleh sepuas nya ngejailin gue..!!gue nggak akan marah..!!hiks..!!"lirih ku seraya memeluk dan menggenggam tangan bisma. 
"ya tuhan..!!seandai nya penyakit ini bisa di tukar..!!aku rela bila harus di tukar dengan ku..!!aku nggak tega melihat bisma seperti ini..!!"doa ku disertai isak tangis... 

Aku terus menemani bisma hingga dia sadar.. 
Meskipun aku masih dalam keadaan basah kuyup.. 

"she..sheril...!!"ucap bisma yang kini mulai sadar.. 
Mata nya masih terpejam.. 
Tapi kenapa sheril yang dia panggil.. 

Aku pun beralih melihat wajah bisma yang kini mulai membuka mata nya.. 
Meskipun hati sangat perih,karena bukan nama ku yang dia panggil.. 
Tapi ya sudah lah.. 
Tak ku hirau kan.. 
Yang pasti kini bisma telah sadar.. 
"bisma..!!loe udah siuman..?alhamdulillah..!!"ucap ku seraya mengelus rambut bisma.. 

Jleb.. 

Jantung ku terasa sesak saat melihat rambut bisma mulai tercabut saat ku pegang.. 
Rambut bisma mulai rontok.. 
"astaga..!!bisma..!!ya allah.. 
Sembuh kan bisma..!!"batin ku.. 
Tak terasa air mata ku pun menetes.. 
"loe kenapa Vhir..?"tanya bisma kepada ku.. 
"gu..gue nggak papa bis..!!gue senang lihat loe udah sadar..!!"ucap ku berbohong.. 
Padahal dada ku terasa sesak menahan tangis di depan bisma.. 
Aku tak tega melihat keadaannya yang semakin parah.. 
"Vhir.:!!sheril mana..?"tanya nya perlahan.. 

Jleb.. 

Sekali lagi hati ku semakin sakit saat mendengar pertanyaan bisma.. 
"dalam kondisi yang sperti ini loe masih ingat sama sheril bis..!!cewek yang jelas2 nggak peduli sama loe..!!"batin ku seraya menatap bisma 
"hey vhir..!?kok malah bengong..!!"ujar bisma yang mengaget kan ku. 
"ha..enghh..!!anu bis..!!sheril nya lagi sibuk.!!tapi nanti dia bakal kesini kok..!!"jawab ku yang mencoba menghibur bisma.. 
"owh..!!ya ampun vhir..!!loe basah kuyup..!!nanti loe sakit vhira..!!lebih baik loe pulang dulu ganti baju ya..!!nanti kesini lagi temenin gue..!!"suruh bisma yang perhatian pada ku.. 
Sungguh,ucapan bisma tadi cukup membuat ku sangat bahagia.. 
Ternyata masih ada sedikit perhatian bisma tersisa untuk ku.. 
Aku pun segera meng iya kan perintah bisma.. 

*** 
kini aku tlah selesai ganti baju.. 
Dan siap untuk meluncur kembali kerumah sakit untuk menemani bisma.. 
Tiba2 terbesit di fikiran ku untuk menyuruh sheril menjenguk bisma di rumah sakit.. 
Aku pun sgera membelok kan motor ku kearah rumah sheril.. 

Kini aku tiba di depan rumah sheril.. 
Perlahan aku coba mngetuk pintu rumah nya.. 

Tanpa menunggu waktu lama kini sheril membukakan pintu rumah nya untuk ku.. 
"eh loe vhir..?ada apa..?"tanya nya kepada ku 
"sher..!!bisma sakit..!!sekarang dia ada dirumah sakit..!?"jelas ku 
"trus apa urusan nya sama gue..? 
Gue capek mau istirahat..!!"ketus nya 
"please sher..gue mohon..!!tadi pas siuman,pertama yang dia panggil adalah nama loe.:!!gue mohon sher,loe jenguk dia..!!please kali ini aja..!!"mohon ku kini bertekuk di hadapan sheril... 
Berharap sheril menuruti kemauan ku.. 
"ish..apa2an sih loe..!!iya2 gue mau..!!"ucap sheril yang membuat hati ku lega.. 

*** 
@rumah sakit.. 
Perlahan aku mendekati pintu kamar rawat bisma.. 
Aku hanya bisa ngintip lewat jendela kaca kamar bisma.. 
Bisma terlihat bahagia di temani sheril.. 
Meskipun sheril terlihat begitu cuek.. 
Mungkin dia bosan. 
Toh dia kesini bukan dari hati.. 
Tapi krena paksaan.. 

Tiba2 ku lihat dari kejauhan ilham berjalan menuju arah ku.. 
Ah,maaf maksud nya menuju kamar bisma.. 
"eh,ngapain loe disini..?"tanya ilham pada ku 
"gu..gue mau jenguk bisma..!!nah loe..?"tanya ku balik 
"gue mau jemput pacar gue..!!ngapain juga si sheril harus nemenin orang penyakitan kayak bisma..!!"ketus nya seraya masuk kekamar bisma 

aku terpaku manhan sakit atas ucapan ilham.. 


"hai bis..!!gimana keadaan loe..?"tanya ilham cuek 
"udah agak mendingan kok ham..?"jawab bisma 
"oh..gue kirain mau mati loe..!!"ketus ilham 

jleb.. 

Kata2 ilham membuat bisma shock 

"yuk sher kita jalan..!!ngapain loe disini..?bosan kan loe..?"ujar ilham 
"iya ham..!!untung loe dateng..!!bosan gue nungguin orang sakit..!!kalau bukan vhira tadi mohon2 ke gue..!!gue juga ogah kesini..!!cabut yuk..!!"ujar sheril menarik tangan ilham untuk keluar.. 

"vhira.. 
Kenapa loe lakuin ini buat gue..!!loe rela mohon2 ke sheril.. 
Dan gue tau tujuan loe hanya buat gue senang..!!"batin bisma menangis.. 

Perlahan aku masuk ke kamar bisma.. 
Ku lihat air mata bisma kini telah banyak mengalir.. 
Aku pun kini duduk di samping ranjang nya.. 
"bisma..gimana keadaan loe..?tuh tadi sheril udah dateng..?"ucap ku berusaha menghibur bisma 

bisma tak memperdulikan kata2 ku.. 
Dia malah tak ingin melihat ku.. 
"bis..loe kenapa..?ada yang salah sama kata2 gue..? 
Loe kok sedih..?"tanya ku lagi 
"vhir..!!lebih baik loe pergi..?loe cari temen baru sana..?loe nggak pantes temenan sama orang penyakitan seperti gue vhir..!!"ketus nya yang sungguh membuat hati ku perih 
"bisma..!!loe ngomong apa sih..?loe sahabat terbaik gue..?mana ada lagi orang seprti loe di dunia ini..!!gue hanya mau loe yang jadi sahabat gue..!!gimana pun keadaan loe..!!"ujar ku meyakin kan bisma 
"tapi vhir..gue nggak berguna.!!gue hanya bisa membuat loe susah..!!"ujar nya yang masih mengeluar kan air mata 
"bis..!!loe nggak boleh ngomong gitu.. 
Kita udah sahabatan sangat lama.. 
Susah senang selalu kita lewati bersama..!! 
Gue yakin bis..!!loe pasti sembuh..!!loe bakal dapat kebahagiian loe..!!loe bakal terbebas dari penyakit ini..!!"ujar ku menguat kan bisma 

seketika bisma memeluk ku erat.. 
Sumpah.. 
Rasa bahagia kini merasuk dalam kejiwa ku.. 
"thank's ya vhir..!!loe sahabat terbaik gue..!!loe yang selalu ada untuk gue..!!gue janji bakal jalani sisa2 hidup gue yang indah bersama loe..!!gue janji nggak bakal mengharap kan sheril lagi..!!"ujar bisma yang membuat hati ku lega.. 

"loe benar bis..!!loe nggak perlu mengaharap kan cinta yang tak pasti.. 
Karena disini..tepat di hadapan loe..!!sudah ada cinta yang sangat mencintai loe dengan tulus ..!!"batin ku 


kini aku membawa bisma keliling taman rumah sakit dengan mendorong kursi roda nya.. 
Cuaca cukup panas.. 
Sebenar nya aku tak ingin membawa bisma jalan2,karena cuaca nya kini sangat membahayakan kondisi bisma.. 
Tapi tetap bisma memaksa..dan aku pun tak kuasa menolak nya.. 

Aku terus mengajak bisma bicara dan bercanda.. 
Awal nya bisma merespon ku dengan tertawa dan ikut bercanda.. 
Tapi lama kelamaan bsma diam.. 
Hanya aku yang bicara.. 
Aku mulai khawatir.. 
Kulihat kearah bisma yang ada di depan ku.. 
Darah segar kembali keluar dari hidung nya, 
badan bisma lemah kembali.. 
Aku pun meminta bantuan untuk membawa bisma kembali kekamar nya.. 

Aku mondar mandir di depan pintu kamar rawat bisma.. 
Menunggu dokter keluar.. 

Dan ini saat yang ku tunggu2.. 
Dokter kini keluar dari kamar bisma.. 
"dok..gimana bisma dok..?"tanya ku panik.. 
"bisma harus segera mendapat kan donor hati..!!kalau tidak.. 
Ya kita semua harus pasrah..!!"ucap dokter 
sebentar aku berfikir.. 
Lalu kembali kulihat wajah sang dokter.. 
"saya siap mendonor kan hati saya buat bisma dok..!!"ucap ku serius 
"apa..?kamu serius..?fikir kan baik2 dahulu sebelum mengambil keputusan..!!karena ini sama saja mengorban kan nyawa anda..!!"ujar sang dokter 
"saya siap dok..!!saya siap kehilangan nyawa demi sahabat saya dok..!!karena sosok bisma banyak dibutuh kan oleh orang2 dok..!!please dok saya mohon..!!"pujuk ku 
"baik lah..!!secepat nya akan kita lakukan operasi nya..!!"ujar dokter 

*** 
kini aku pun kembali menemani bisma untuk terakhir kali nya. 
"bisma..!?apa kabar..?hiks..!!"ucap ku berusaha tegar 
"bisma...jaga diri loe baik2 ya..!!gue yakin..loe pasti bahagia bersama orang yang kelak mencintai loe..!!meskipun gue nggak ada di samping loe..!!tapi hati gue selalu bersama loe itu udah cukup buat gue bahagia bis..!!gue sayang sama loe.!!sayaang banget bis..!! 
Selamat tinggal bisma.. 
Aku pun meninggal kan selembar surat di dalam amplop merah berbentuk hati.. 

Segera aku keluar meninggal kan bisma.. 

ini saat nya aku menjalan kan operasi.. 

2 minggu berlalu.. 
Kini aku sudah tenang di alam ku.. 
Aku dapat melihat bisma dari dunia ku.. 

*** 
pagi ini begitu cerah.. 
Bisma mulai tersadar dari koma nya selama 2 minggu setelah operasi.. 
Perlahan mata nya mulai terbuka.. 
Terlihat bisma melihat sekelilinga nya.. 
Seperti nya sedang ada yang dia cari.. 
Ya pasti sosok vhira shabat nya lah yang kini dia cari... 
"vhir..vhira..!!"panggil nya pelan.. 
"bisma.. 
Kamu sudah sadar nak..?"ucap mama bisma yang kini berada di smping bisma 
"iya ma..!!ma.. 
Vhira mana..?kok nggak ada..?"tanya bisma yang sungguh membuat dada mama nya nyesek.. 

"andai kamu tau bis..!!kalau vhira kini ada di hati kamu..!!dia sudah tenang di alam sana..!!"batin tante casma yang kini mata nya mulai berkaca2.. 

"mama kok bengong..?vhira mana ma..?"tanya nya lagi 

tante casma pun menyodor kan sebuah surat peninggalan vhira.. 
Perlahan bisma membuka surat itu.. 
"hai bisma.. 
Loe udah bangun..? 
Saat loe sudah bangun dari tidur panjang loe.. 
Mungkin gue udah nggak ada lagi di samping loe..!!gue nggak bisa lagi nemenin loe..!! 
Hmm.. 
Gue ikut nyokap ke ausi..!!loe tau kan cita2 gue..!!maaf gue nggak nunggu loe sembuh dulu..!!soal nya mama gue buru2..!!dan mumpung ada kesempatan..!! 
Gue berani ninggalin loe karena gue yakin loe bakal sembuh..!! 
Jaga diri loe baik2 ya bis..!! 
I love you.. 
Gue sayang loe bis..!! 
Selama nya..!! 

Ttd 
VHira 

bisma sempat menetes kan air mata karena kini vhira tak ada lagi disamping nya.. 
Tapi rasa bahagia kini melanda nya karena di surat itu vhira mengata kan bahwa kini cita2 nya sudah terwujud.. 
Padahal isi surat itu tak benar.. 

1 bulan kemudian.. 
Bisma sudah sembuh dan mulai masuk kuliah.. 
"suasana baru..tapii terasa sepi nggak ada loe vhir..!!"ucap bisma seraya berjalan memasuki arena kampus 

semua mata menatap bisma.. 
Seperti ada yang aneh.. 
"kenapa semua menatap gue seperti ini ya..?"batin nya bingung 

"sheril..!!"ucap bisma saat melihat sheril yan berada cukup jauh didepan nya.. 
Bisma pun berlari kearah sheril.. 
Namun langkah bisma terhenti karena dia merasa kelelahan mengejar sheril.. 

Ngosh..ngoshh.. 

Terdengar suara nafas bisma yang sesak.. 
"gila loe ya bis..?udah sembuh gini masih aja ngejar2 sheril..!!"ujar seseorang yang kini berada di belakang bisma 
"Reza..!!"lirih bisma saat membalik kan badan nya.. 
"loe memang nggak ada hati bis..!!loe tau.. 
Dengan loe ngejar2 sheril,loe udah nyakiti hati seseorang yang mencintai loe..!!"ketus reza 
"mencintai gue..?siapa Za..?"tanya bisma heran 
"gila loe ya bis..?apa selama ini loe nggak merasa..?padahal dia sangat dekat sama loe..?bahkan setiap saat selalu bersama loe..?"ujar reza lagi 
"vhira maksud loe..?"bisma 
"ya vhira..!!siapa lagi..?sampai2 dia nolak gue berkali2 karena dia cinta sama loe..?tapi apa balasan loe bis..!!loe selalu nyakiti dia..?jujur gue benci sama loe bis..!!"bentak reza 
"ta..tapi sungguh gue nggak tau kalau dia cinta sama gue..!!"ujar bisma gugup 
"ya jelas..toh selama ini loe hanya anggap dia sebagai sahabat..!!tanpa loe tau perasaan dia..!! 
Tapi sekarang gue nggak bisa sepenuh nya ngebenci loe..!!karena sekarang hati vhira telah bersama loe..?"ujar reza 
"apa..?hati..?maksud loe za..?"tanya bisma bingung 
"ya hati.. 
Hati yang ada di tubuh loe sekarang adalah hati nya vhira.!!dia telah mengorban kan nyawa nya untuk loe bis..!!untuk orang yang dia cintai..!!sebenar nya dia melarang gue untuk menceritakan ini.. 
Tapi gue nggak sanggup menyimpan rahasia ini.. 
Dan gue hanya ingin loe mnyadari perbuatan loe yang udah mengorban kan satu nyawa yang sangat mencintai loe..!!"ketus reza yang langsung berlalu dari hadapan bisma 

"ja..jadi..!!hati ini adalah hati nya vhira..?"ujar bisma gelagapan 
"nggak..nggak mungkin..!!ini semua nggak mungkin..!! 
Vhiiraaaa..!!"teriak bisma yang kini bertekuk.. 

Bisma pun segera berlari menuju pemakaman vhira.. 

@pemakaman 

bisma kesana sini berlari menyuri pemakaman mencari2 nama vhira beserta identitss nya.. 

Taph.. 

Langkah bisma terhenti saat melihat sebuah batu nisan yang bertulis kan nama Vhira adelia.. 
Bisma terduduk di sebelah kuburan itu.. 
"vhir..kenapa loe rela ngelakuin ini semua untuk gue vhir..?kenapa..?kalau gue tau..gue nggak bakal nerima ini semua dari loe vhir..!!karena gue ingin selama nya sama loe..!!kenapa loe ninggalin gue vhira..!!kenapa loe nggak bilang kalau loe mencintai gue vhira..!!kenapaa..!!"teriak bisma kini menggelegar di selurh pemakaman.. 

Rintik hujan yang lumayan deras kini bercampur dengan air mata bisma.. 

"gue janji vhir.. 
Gue bakal jaga dan rawat hati ini untuk loe..!!dan sampai takdir menyatukan kita kembali di alam sana..!!tunggu gue ya vhir..!!gue janji akan menyimpan memori kebahagiaan di hati loe..!!gue sayang loe vhira..!!I love you... 



End.... 

Maaf ya kalau alur dan cerita nya jelek.. 
Yang penting karya sendiri... 

1 komentar:

  1. Mahu nanya...apa kamu ini fansnya kak Bisma?cerpennya banyak tentang kak Bisma.....apa cerita ini saling terkait?soalnya ceritanya pasti tentang kak Bisma yang selalu sakit.....sorry ya?aku kebanyakkan tanya......

    BalasHapus